Senin, 22 Oktober 2007

sinta tugas-resensi

EVALUASI PENDIDIKAN

Susunan : Drs. H. Daryanto

Penerbit : PT. RINEKA CIPTA, Jakarta. 2005

Tebal : 227 halaman + XVI

Tidak dapat kita ingkari, bahwa Evaluasi sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, dalam hal pekerjaan ataupun perbuatan, dan takalah penting dalam hal pendidikan, hal ini untuk mengetahui hasil apa yang telah di kerjakan. Oleh karena itu sebagai mahasiswa dan masyarakat yang madani terdorong untuk lebih banyak mengetahui dan mengenal berbagai istilah dalam evaluasi dan cara mengamalkannya atau dalam menerapkannya, oleh sebab itu buku Evaluasi ini mempunyai arti yang cukup besar bagi para Dosen/guru, mahasiswa, serta masyarakat untuk memperdalam pemahaman tentang evaluasi ( khususnya dalam bidang pendidikan ) dan mampu menerapkannya, akan tetapi sayangnya buku yang menjadi rujukan ini belum banyak di kenal orang luas.

Pada Buku ini penulis menyimpulkan bahwa evaluasi berarti pengumpulan kenyataan secara sistematis untuk menetapkan apakan dalam kenyataannya terjadi perubahaan dalam diri peserta didik dan menetapkan sejauh mana tingkat perubahan yang terjadi pada peserta didik, dan penulispun mendefinisikan evaluasi dalam penididikan sebagai kegiatan penilaian yang terjadi dalam kegiatan pendidikan dengan tujuan melakukan evaluasi dalam proses belajar mengajar untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai tingkat pencapaian tujuan instruksional oleh peserta didik dalam hal ini siswa sehingga dapat diupayakan tindak lanjutnya.

Tanpa disertai petunjuk penggunaannya. Buku ini seperti lazimnya kita jumpai pada buku-buku lainya, pembaca langsung hanya disuguhi pejelasan berbagai istilah dan berbagai macam devinisi yang diambil dari para ahli evaluasi terdahulu, tanpa mengambil kesimpulan pendapat mana yang diambil dan pergunakan sebagai bahan catatan penulis.

Buku yang tebalnya 227 halaman ini, dimaksudkan oleh penyusun untuk para mahasiswa yang mendalami Ilmu Tarbiyah atau mahasiswa jurusan kependidikan juga untuk para praktisi pendidikan, maka dapat dipahami bahwa penjelasan tentang evaluasi yang dimuat pada buku ini pada umumnya terbatas hanya pada istilah –istilah yang harus difahami dan dikenal oleh para mahasiswa lewat pelajaran evaluasi pendidikan.

Bpk. Drs. H. Daryanto, melalui buku ini berusaha dengan sekuat tenaga untuk mengkaji dan memberi pemahaman tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan evaluasi dan pendidikan yanga terjadi di Indonesia, dan untuk bahan penulisan, penulis menyesuaikan dengan silabus kurikulum Nasional Strata 1. Yaitu : Konsep dasr pendidikan , klasifikasi tujuan instruksional, tehnik evaluasi, pengukuran ranah kognitif efektif dan psikomotorik dalam pendidikan Agama Islam, prosedur pelaksanaan evaluasi, analisis butir-butir Instrumenevaluasi, dan intrerpretasi nilai evalusi.

Dan sebagai penutup, ada catatan lain yang perlu saya sampaikan dalam timbangan ini, Buku yang berjudul Evaluasi Pendidikan ini sebaiknya tidak dijadikan bahan sebagai buku rujukan, walaupun pada halaman-halaman terakhir penulis menyampaikan bahan-bahan rujukannya, akan tetapi pada dasarnya masukan yang paling barulah yang sangat diperlukan, kendatipun masih terdapat kelemahan, baik dilihat dari segi tekhnis penyusunan maupun isi. Akan tetapi buku ini juga bisa disimak oleh para pelajar untuk lebih mengerti arti evaluasi yang mereka lakukan pada rangkaian proses belajar mengajar.

Tidak ada komentar: